Pantai Kintamani

Kintamani – Tempat wisata di Bali yang berada di dataran tinggi yang wajib di kunjungi selain wisata bedugul adalah Kintamani. Kintamani terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Perjalanan menuju tempat wisata ini dari Kota Denpasar sekitar 2 jam dengan kendaraan bermotor atau sekitar 79,9 kilometer dari Bandara Udara Ngurah Rai dengan catatan jalanan lancar atau tidak macet.

Kintamani menyediakan pemandangan perbukitan dengan udara segar dan suhu udara berkisar 18 derajat celcius, sama seperti suhu udara di daerah wisata bedugul. Hal paling utama yang menjadikan daya tarik dari kawasan wisata ini adalah pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur. Walaupun kecil namun gunung ini masih aktif dan sempat beberapa kali meletus sampai letusan besar terjadi pada tahun 1917 yang berakibat hilangnya ribuan nyawa serta menghancurkan rumah penduduk desa Batur Batur Tua yang berada di dasar kaldera Batur. Penduduk yang masih tersisa mengungsi ke Desa Batur, Pura Ulun Danu yang berada di lembah ginung Batur, juga pindah ke Desa Batur yang sekarang, tapi sampai sekarang pura Ulun Danu batur yang ada di penolokan masih menjadi pusat kegiatan pemujaan penduduk setempat dan Bali.

Di kawasan Batur ada Pura Batur yang merupakan salah satu Pura Sad Kahyangan. Sebelum meletusnya Gunung Batur 1917, Pura Batur berada di kaki sebelah Barat Daya Gunung Batur. Akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh letusan Gunung Batur ini, maka Pura bersama warga desa Batur dipindahkan di tempat sekarang. Sisa-sisa lahar yang membeku berwarna hitam, Gunung Batur tegak menjulang, Danau Batur teduh membiru, merupakan suatu daya tarik yang akan memukau para penelusur.

Hal utama yang dapat para penelusur  lakukan di tempat wisata ini, adalah menikmati pemandangan indah Gunung Batur dan Danau sambil menikmati hidangan makan siang. Restaurant di sini, menyediakan makanan bertipe buffet, jadi para penelusur dapat menikmati hidangan sepuasnya.

Kintamani adalah wisata dengan pemandangan alam yang sangat indah sehingga saat berwisata ke Kintamani merupakan sebuah pengalaman yang sangat mengesankan karena kawasan Kintamani memiliki panorama yang sangat indah, terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh suasana pegunungan dengan tiupan angin dari Gunung Batur.

Hamparan Danau Batur terlihat jauh di bawah beserta rumah penduduk lokal. Di Kintamani para penelusur juga akan mendapati wisata budaya unik di Trunyan yaitu tidak seperti umat Hindu umumnya di Bali yang melangsungkan upacara ngaben untuk pembakaran jenazah, di Trunyan jenazah tidak dibakar melainkan hanya diletakkan di tanah pekuburan selamanya hingga tinggal tulang dan tengkorak. Justru tengkorak tengkorak itulah yang menjadi daya tarik trunyan sebagai desa kuno dan dianggap sebagai desa Bali Aga atau Bali asli.

Kintamani sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani. Karena wilayah ini sangat berpotensi untuk pertanian yang didukung dengan alamnya yang sejuk dan subur. Hasil pertanian yang terkenal antara lain jeruk, tomat, kembang kol, dan bawang merah.

Selain hasil pertanian daerah ini juga terkenal dengan binatang anjingnya dan dikenal dengan nama anjing kintamani yang cirinya bertubuh mungil dan berbulu lebat. Kintamani ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara terutama pada saat liburan sekolah, tahun baru maupun hari libur nasional lainnya. Oh ya saat para penelusur berwisata ke Kintamani jangan lupa ya membawa jaket karena Kintamani memiliki suhu yang cukup dingin karena berada di dataran tinggi.

Lokasi

Kintamani dapat ditempuh melalui Payangan atau dari Denpasar melalui hutan Sangeh, Plaga dan Lampu lalu para penelusur akan tiba di sebelah utara Kintamani. Angkutan umum ke Kintamani tersedia dari Ubud melalui Sakah atau juga bisa ditempuh melalui Tampaksiring dan Bangli.

Dari Denpasar para penelusur  dapat naik angkutan yang berangkat dari terminal Batubulan. Jarak yang ditempuh ke kawasan ini kira-kira 2 jam perjalanan dari Denpasar atau Karangasem ataupun pantai Lovina. Tempat wisata Kntamani ini dapat juga dituju dengan kendaraan bermotor, karena lokasi ini menghubungkan kota Bangli dan kota Singaraja. Sedangkan rute obyek, menghubungkan Obyek Wisata Kawasan Batur dengan Obyek Wisata Tampaksiring dan Besakih.

Desa Trunyan adalah salah satu desa di Kintamani yang cukup unik, terletak di sebelah timur bibir danau Batur, letaknya sangat terpencil. Jalan darat dari Penelokan, Kintamani, hanya sampai di desa Kedisan. Dari Kedisan ke desa Trunyan orang harus menyeberang danau Batur selama 45 menit dengan perahu bermotor atau 2 jam dengan perahu lesung yang digerakkan dengan dayung. Selain jalan air, Trunyan juga dapat dicapai lewat darat, lewat jalan setapak melalui desa Buahan dan Abang.

Akomodasi Dan kuliner khas

Di kawasan wisata Kintamani sudah dilengkapi dengan penginapan-penginapan yang harganya bervariasi. Dari harga yang paling murah hingga yang bertaraf hotel bintang lima ada di sini. Semua tergantung dari fasilitas yang akan didapatkan selama para penelusur menginap. Keindahan panorama obyek wisata bukit Kintamani, tidak akan lengkap tanpa mencicipi kuliner khas daerah Kintamani yang banyak tersedia di kedai-kedai yang berjejeran sepanjang jalan.

Salah satu yang tepat untuk dicicipi adalah minuman ramuan rempah-rempah. Nah! Bagi para penelusur  yang sedang beriwsata keKintamani, tidak ada salahnya untuk mencicipi minuman khas daerah berhawa dingin ini sebagai penghangat tubuh sambil menikmati panorama keindahan alam obyek wisata Kintamani. Terlebih harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Untuk menikmati satu gelas minuman ramuan ini, Para penelusur hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp7.000,00 saja. Minuman ramuan rempah khas daerah dingin ini selain berkhasiat sebagai penghangat tubuh, juga baik untuk kesehatan dan kebugaran lantaran dibuat dari berbagai rempah-rempah yang alami.

Kintamani juga sudah dilengkapi dengan fasilitas wisata sudah sangat memadai di kawasan ini. Banyak terdapat restoran maupun warung-warung makanan dan minuman kecil dengan harga yang bervariasi sehingga penelusur nggak perlu khawatir kelaparan saat berwisata ke kintamani namun nggak membawa bekal.

Sumber gambar : http://www.balicheaptrip.com

Informasi tempat dan paket wisata banyuwangi dan bali yang keren dapat dilihat  : Syahrudin Tour

 

sumber : http://www.telusurindonesia.com/kintamani-bali.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s